Membuat Website dengan Templat HTML5 Gratis

09 Mei 2014
HTML adalah bahasa standar yang digunakan untuk membuat dan mestrukturisasikan halaman website. Bisa dikatakan bahwa setiap halaman website yang kita akses di internet dibuat menggunakan bahasa tanda (markup language) yang ditemukan oleh Tim Berners Lee lebih dari dua puluh tahun silam ini.

HTML5 merupakan versi HTML terbaru yang dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) dan WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group).

Meski kedua lembaga non-profit tersebut belum mengumumkan secara resmi bahwa HTML5 telah final dibuat (paling tidak hingga artikel ini saya tulis), kita sudah dapat menggunakan fitur-fitur HTML versi terbaru ini untuk membuat website.

Peramban-peramban modern (seperti: Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Safari) pun telah mulai menerapkan spesifikasi-spesifikasi HTML5 ini. Kita bisa memeriksa apakah browser yang terpasang di komputer kita telah mendukung spesifikasi HTML5 ini dengan menggunakan layanan yang disediakan di html5test.com.

Saat ini dengan mudah dapat kita temukan website-website yang dibuat menggunakan HTML5 ini. Tidak sedikit pula desainer web yang membagikan karya-karya berupa templat website yang dibuat dengan HTML5 secara cuma-cuma, alias gratis.

Jika Anda pengguna Wordpress, Anda akan mendapatkan sejumlah templat bawaan siap-pakai yang dibuat dengan HTML5 ini, seperti Twenty Fourteen.

Menggunakan templat gratis merupakan salah satu cara termudah dan tercepat untuk membuat website menggunakan teknologi HTML terbaru ini.

Membuat website dengan memanfaatkan templat ini bahkan tidak menuntut kita mengetahui dan menguasai kode-kode HTML5 tersebut. Namun, pengetahuan dan penguasaan HTML tentu akan sangat membantu jika kita hendak mengubah dan mengganti beberapa sisi desain templat-templat gratis tersebut

HTML5 UP adalah salah satu tempat untuk mendapatkan templat-templat HTML5 ini secara gratis. Selain menggunakan HTML5, templat-templat yang ada di sana dibuat menggunakan CSS3 dengan model desain responsif.

Hingga tulisan ini dibuat, ada dua puluh pilihan desain templat yang bisa kita unduh dari situs tersebut. Desain-desain yang disediakan cocok diterapkan untuk website kategori protofolio, blog, atau untuk mememasarkan sebuah produk.

Perlu dicatat bahwa templat-templat HTML5 yang ada di situs tersebut bukanlah templat-templat yang siap digunakan untuk mesin blog seperti Wordpress dan Google Blogger atau CMS seperti Joomla. Dalam arti, setelah diunduh kita dapat langsung menerapkannya pada website yang bermesin Wordpress, Blogger, atau Joomla.

Tapi kita dapat mengubah templat-templat tersebut menjadi templat Wordpress, Blogger, atau Joomla jika kita menguasai cara bagaimana membuat templat mesin blog dan CMS tersebut.

Templat-templat HTML5 yang terdapat di situs HTML5 UP ini memang lebih tepat digunakan sebagai pijakan awal, khususnya oleh para desainer web.

Semua template website yang disediakan di HTML5 UP dirilis menggunakan Creative Commons Attribution 3.0. Dengan lisensi ini, kita dapat menggunakan semua template tersebut baik untuk keperluan pribadi maupun komersial.

Di samping itu, kita pun dapat mengubah dan mengutak-atiknya sesuai kebutuhan dengan tetap memberikan kredit, umumnya berupa taut aktif, bahwa website yang dibuat didasarkan pada desain templat dari HTML5 UP.